Software Pulsa – Melihat bermacam pendapat dan diskusi bersama dengan klien server pulsa, ternyata menggeluti bisnis server pulsa sangat menyenangkan. Salah satu alasannya adalah keuntungan yang menggiurkan. Mengingat, bisnis server pulsa saat ini bisa disiasati bersama dengan modal di bawah 10 juta. Ditambah lagi, pulsa jadi kepentingan wajib dari hari kehari.

Namun, dalam memulai bisnis server pulsa, ada lebih dari satu hal yang wajib dihindari supaya server pulsa kamu bisa berkembang dan mendatangkan keuntungan bagi anda.

1. Jangan Pernah Memulai Usaha Server Pulsa Hanya Karena Ikut-ikutan
Mengapa demikian? Orang yang memulai atau menjalankan sebuah bisnis gara-gara ikut-ikutan cenderung memulai bisnis  tanpa ada perhitungan yang matang. Biasanya gara-gara terpengaruh memandang teman/saudara sukses dan sukses bersama dengan bisnis server pulsa sesudah itu ikut-ikutan membuat server juga, padahal belum mempunyai reseller, agen lebih-lebih ilmu basic berkenaan bisnisserver pulsa ini. Ketika ternyata dikemudian hari jelas betapa sulitnya dan besarnya tantangan dalam bisnis bisnis server ini, langsung drop, frustasi dan tutup usaha. Maka dari itu, sebelum akan saat memulai bisnis server pulsa maka wajib jelas betul lika-liku berkenaan bisnis yang bakal dijalani.

2. Memulai Usaha Tanpa Ada Perencanaan yang Matang
Sama halnya tipe bisnis lainnya, bisnis bisnis server pulsa juga wajib keseriusan. Keseriusan bukan berarti 100% saat kamu untuk membayangkan bisnis ini, namun jalankan planning bersama dengan sungguh-sungguh bagaimana bisnis ini bisa dijalankan.
Bisa saja kami menjalankan bisnis server pulsa sebagai sampingan disamping posisi kami sebagai karyanwan kantor, pegawai negeri maupun swasta, namun yang paling perlu adalah kami wajib selalu punyai orang yang sangat dipercaya untuk menjalankan bisnis ini.
Seorang konglomerat bisa berkembang bersama dengan banyak tipe usahanya, namun mereka udah pasti punyai orang-orang keyakinan yang dipercaya untuk bisa menghandle tiap-tiap lini bisnisnya.
Untuk bisa layaknya ini, sebelum akan saat memulai bisnis server pulsa, maka wajib menyebabkan perencanaan lebih-lebih dahulu, jangan hingga semua hal baru dipikirkan kala bisnis kamu udah berjalan.
Kalau sebetulnya sekedar untuk mencoba-coba, maka mulailah bersama dengan langkah jadi pengecer (retail) lebih-lebih dahulu dan perlahan-lahan mengumpulkan reseller. Kalau udah mantap, maka mulailah membayangkan untuk punyai server sendiri.

3. Menjalankan Usaha Server Pulsa Tanpa Ada Pembukuan/Adminstrasi yang Rapi
Dalam bisnis server pulsa, perputaran duwit yang berlangsung lumayan tinggi. Dalam sehari saja bisa saja seorang pemilik server bakal memutar duwit puluhan hingga ratusan juta dalam sehari. Apabila perputaran duwit yang lumayan besar ini berlangsung dan tidak diimbangi bersama dengan administrasi bisnis yang rapi, maka lambat laun pemilik bisnis bakal mengalami kelimpungan dalam mengatur keuangannya. Tidak ada kejelasan berapa saja kuantitas transaksi sehari, berapa pembelian stok harian, tidak jelas menahu berapa margin hariannya.
Ketika suatu saat dikerjakan audit, ternyata server pulsa udah dalam keadaan rugi yang besar gara-gara tahu-tahu udah dalam keadaan parah, selanjutnya server pulsa pun mengalami kesusahan dana dan tidak bisa beroperasi lagi. Dana setoran habis dan stok kosong. Inilah keadaan yang mmenjadi momok dalam sebuah bisnis server pulsa.

4. Menggunakan Uang Setoran Member untuk Keperluan/ Usaha Lain
Hal ini bisa jadi suatu hal yang sangat berbahaya bagi bisnis server pulsa, gara-gara perputaran duwit dalam server yang berbentuk cepat. Dan yang dijual adalah “uang”. Suatu kala stok pulsa (baca: uang) habis, maka wajib ada langsung dana cash saat itu juga untuk belanja stok baru. Uang habis wajib diganti uang, dan itu perputarannya harian. Karena itu, dana setoran reseller/member wajib ready setiap saat supaya langsung diputar lagi saat dibutuhkan. Ketika dana setoran ini digunakan untuk hal-hal lain diluar stok, maka terhadap saat stok habis, selanjutnya kesusahan dana dan stok kosong. Pelanggan pasti kecewa selanjutnya berpaling ke server pulsa yang lain. Lambat laun jiks tidak dikerjakan evaluasi dan perbaikan, maka server bakal kesusahan gara-gara dana operasional yang lumayan tinggi tanpa diimbangi bersama dengan pendapatan bisnis yang memadai. Lambat laun server pulsa bakal tutup juga ditinggal para member dan resellernya.

5. Menggunakan Software Server Pulsa yang Out of Date

Bisnis server pulsa udah mengalami perkembangan pesat dari th. ke tahunnya. Perubahan ini pasti diiringi bersama dengan update dari software yang digunakan oleh server pulsa tersebut. Dan jika software server pulsa tidak update, maka member/reseller dan lebih-lebih owner bakal mengalami kerugian.
Kemungkinan yang berlangsung jika sofwate tidak update transaksi sering gagal, transaksi tidak benar sasaran. Bahkan bisa saja gara-gara transkasi sering Outer Cluster nya tinggi ( terlihat area yang ditentukan), terhadap selanjutnya chip bisa diblokir oleh dealer, stok kosong dan reseller/agen pun kabur.

6. Tidak Paham Sama Sekali Tentang Komputer
Untuk memulai bisnis server pulsa, sudi tidak sudi kamu wajib belajar langkah mengoperasikan komputer. Tidak bisa hanya bersama dengan mengandalkan jasa servive computer saja. Dan hal ini bisa disiasati bersama dengan merekrut teknisi computer sendiri. Jika suatu saat server pulsa mengalami masalah, wajib langsung ditangani supaya transkasi bisa normal kembali. Jangan biarkan reseller/agen tunggu lama atau server pulsa kamu ditinggalkan agen/reseller.

7. Tidak Mempunyai Genset/UPS Sebagai Backup Daya
Pengusaha server pulsa wajib punyai genset, atau setidaknya backup UPS. Kapan saja, listrik PLN bisa padam, dan jila listrik padam, server pulsa berhenti, tidak bisa bertranskasi. Jika berlangsung satu dua jam sih tetap normal. Tapi jika hingga enam jam lebih, bisa dikomplain besar besaran.
Listrik yang tidak stabil lebih-lebih bisa menyebabkan rusaknya komponen yang ada dalam jaringan server pulsa. \Dengan terdapatnya UPS, maka kami setidaknya bisa mematikan server pulsa lewat prose shutdown supaya tidak menyebabkan software corrupt.

Jika udah mantap, maka saatnya membuat persiapan diri dalam menyebabkan server pulsa. Persiapkan alat untuk menyebabkan server pulsa yang memiliki kualitas bagus.
Selamat memulai dan semoga sukses.