Dulu kala pc belum ada, perusahaan laksanakan pembukuan bersama dengan mencatat di buku. Anda yang dulu mengalami masa-masa itu pasti tetap ingat betapa ribet prosesnya. Setelah transaksi dicatat di jurnal, kita mesti memindahkannya secara manual bersama dengan menulis kembali di buku besar. Laporan-laporan keuangan mesti dihitung dan dibikin sendiri. Tak mampu dibayangkan betapa banyak saat dan tenaga yang terpakai untuk membuahkan laporan keuangan bulanan.

Namun, kita bersyukur gara-gara jaman itu telah berlalu. Kini, nyaris semua perusahaan telah mengfungsikan komputer. Maka, pembukuan pun bermigrasi berasal dari buku fisik ke buku digital. Nah, pemakaian pc untuk mencatat transaksi keuangan ini ternyata tetap berbeda-beda di tiap perusahaan. Semua setuju bahwa laporan keuangan (neraca, rugi laba, dll) perlu keberadaannya supaya pemilik atau pemimpin bisnis mampu menyita kebijakan yang tepat demi memajukan bisnis. Tetapi, tiap-tiap menyita langkah yang tidak sama untuk membuahkan laporan keuangan tersebut:

• Semi Manual mengfungsikan Excel
Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang cukup bagus dan lengkap. Karena itu, banyak perusahaan yang memilih untuk mengfungsikan program aplikasi ini. Hanya saja, penggunanya mesti piawai supaya mampu mengfungsikan Excel secara maksimal. Bisa dibilang pembukuan mengfungsikan program Excel berwujud semi manual, gara-gara rumus-rumus mesti didefinisikan sendiri. Form inputan, laporan, dan banyak kembali lainnya juga mesti didesain sendiri.
Perusahaan yang pembukuannya Mengenakan Excel bakal kerepotan kecuali karyawan di anggota ini keluar. Penggantinya mesti menguasai Excel juga supaya laporan keuangan selalu tersaji secara lengkap dan akurat.

Software akuntansi berbasis DOS
Ini kebanyakan dikerjakan oleh perusahaan-perusahaan lama. Mereka sebenarnya telah melek pc sejak dulu. Karena itu mereka juga telah menyadari manfaatnya memiliki software akuntansi. Dengan software akuntansi, user hanya mesti memasukkan data master dan transaksi harian. Kemudian, software akuntansi yang bakal mengolah semua transaksi tersebut jadi laporan-laporan apa saja yang dibutuhkan. Dengan demikian, pembukuan ini mampu dikerjakan oleh seorang karyawan yang tidak sangat menyadari akuntansi sekalipun.

Hanya saja, gara-gara saat itu pemrograman tetap berbasis DOS, maka software akuntansi yang dihasilkan pun berbasis DOS. Jadi, pengguna mesti mengetik semua inputan yang dibutuhkan. Tingkat user-friendlynya lebih rendah dibandingkan software akuntansi yang berbasis windows.

Dan, gara-gara saat ini para developer telah beralih ke pemrograman berbasis windows, mampu dipastikan software akuntansi berbasis DOS telah tidak bakal tersedia update dan upgradenya. Jika Anda tetap memakainya saat ini, Anda mesti berancang-ancang untuk beralih ke software akuntansi berbasis windows yang jauh lebih banyak inovasinya. Harapannya, sistem pembukuan keuangan perusahaan Anda pun ikut berkembang dan tidak ketinggalan zaman.

• Software akuntansi berbasis windows
Software akuntansi berbasis windows ini adalah terobosan yang luar biasa di bidang akuntansi. Saat ini, pengguna tinggal klik sana-sini dan laporan keuangan tersaji dalam sekejap, apa pun wujud yang diinginkan. Pengguna dan perusahaan sangat dimudahkan bersama dengan ada software akuntansi berbasis windows ini. Tampilan layarnya pun lebih menarik dan dinamis, supaya pengguna bakal betah bekerja berjam-jam di depannya.

Form inputan dan laporan telah didesain oleh pihak developer supaya pengguna tidak mesti sibuk lagi. Seandainya laporan yang dihidangkan dirasa tidak cukup cocok bersama dengan kebutuhan perusahaan, lebih dari satu besar software akuntansi sediakan opsi untuk mengubahnya cocok permintaan kita. Untuk menyadari apakah software akuntansi Anda mampu diubah-ubah cocok kebutuhan, Anda mampu klik di sini “Seventhsoft – Customized”.

Paparan di atas mampu dirangkum garis besarnya sebagai berikut:

• Semi manual mengfungsikan Excel
o Pengguna mesti menyadari akuntansi dan rumus-rumus Excel, kecuali karyawan terlihat bakal agak ada problem mencari penggantinya
o Kurang efisien gara-gara lebih dari satu sistem tetap dikerjakan secara manual
o Tampilan monoton, berwujud tabel-tabel saja

• Software akuntansi berbasis DOS
o Bisa dikerjakan oleh orang yang pengetahuan akuntansinya minim
o Lebih efisien gara-gara pengguna cukup menginput transaksi harian
o Tampilan tidak cukup menarik
o Tidak tersedia upgrade

• Software akuntansi berbasis windows
o Bisa dikerjakan oleh orang yang pengetahuan akuntansinya minim
o Lebih efisien gara-gara pengguna cukup menginput transaksi harian
o Tampilan lebih menarik dan dinamis supaya pengguna lebih nyaman bekerja
o Selalu tersedia upgrade dan inovasi-inovasi baru
Dari paparan di atas, sebenarnya kita mampu menyimpulkan bahwa pilihan paling tepat adalah mengfungsikan software akuntansi berbasis windows. Namun, apabila Anda tetap belum percaya mengapa mesti mengfungsikan software akuntansi, tersebut adalah lebih dari satu dasar pertimbangannya.
Alasan mengfungsikan software akuntansi

Dengan bantuan software akuntansi, tersedia banyak keuntungan yang mampu kita peroleh. Antara lain:
• Efisiensi saat dan tenaga. User tinggal input data, software akuntansi yang mengolah dan menyajikan laporan.
• Mengendalikan stok. Ada manajemen stok sekurang-kurangnya dan maksimal.
• Mengontrol hutang dan piutang yang telah jatuh tempo beserta limitnya.
• Menampilkan harga dan stok barang secara cepat saat melayani order penjualan
• Transaksi terlihat masuknya barang dan duwit mampu ditelusuri secara cepat dan akurat.
• Anda mampu mendelegasikan tugas bersama dengan aman
• Mengendalikan sistem permintaan barang hingga pembelian
• Mengontrol anggaran pendapatan dan membeli tiap divisi
• Langsung membuahkan hitungan dan laporan perpajakan
• Menghasilkan ratusan laporan dalam sekejap
• Menyajikan data-data akurat sebagai pijakan menyita ketetapan secara tepat
• Integrasi data pada satu cabang bersama dengan cabang lain secara realtime.

Selain itu, tetap banyak yang mampu kita dapatkan berasal dari software akuntansi. Intinya adalah efisien, akurat, cepat, dan mampu didelegasikan secara aman.
Nah, pertanyaan berikutnya yang sesudah itu terlihat adalah berasal dari mana kita hendak memperoleh software akuntansi tersebut.
Sebagaimana kita ketahui, software akuntansi mampu diperoleh berasal dari berbagai sumber. Ada software akuntansi online yang mampu kita mengfungsikan lewat kelanjutan internet. Jika di dalam perusahaan tersedia divisi IT, kita juga mampu merancang dan mengembangkan software akuntansi sendiri.
Apabila tidak memiliki divisi IT, atau tidak menghendaki sangat repot, kita juga mampu memesan software akuntansi yang didesain khusus untuk perusahaan kita berasal dari developer software. Selain itu, kita mampu membeli software akuntansi paket yang telah tersedia di pasar.