Umroh Desember – Pengertian umroh dalam segi bhs adalah berkunjung. Artinya, per definisi umroh, dapat terhitung dikatakan bahwa umroh adalah suatu tingkah laku yang bersama dengan sengaja berkunjung ke area yang selamanya dikunjungi. Hal berikut sebab umroh boleh dikerjakan kapan saja (tanpa terikat oleh kala layaknya ibadah haji yang hanya dikerjakan terhadap bulan Dzulhijjah tiap tiap satu th. sekali).

Apa Pula Pengertian Umroh secara Istilah/Syariah?
Sedangkan secara syar’i dan terminologi fiqih, pengertian umroh artinya berkunjung ke kota Mekkah untuk melakukan ibadah (seperti thawaf dan sa’i) bersama dengan tata cara tertentu. Atau bersama dengan kata lain singgah ke Baitullah untuk melakukan ibadah umroh bersama dengan kriteria yang telah ditentukan.

Berbeda bersama dengan ibadah haji yang boleh dikerjakan hanya sekali, melakukan umroh boleh berulang kali, namun selamanya hukumnya mesti hanya satu kali dalam seumur hidup. Bila seseorang dapat dan dapat melakukannya berulang kali perihal berikut diperbolehkan. Sebab dalam ibadah umroh terkandung keutamaan sebagaimana sabda Rasulullah:
“Dari umroh ke umroh adalah penghapus dosa pada keduanya”

Umroh adalah Haji Kecil
Selain pengertian umroh di atas, umroh disebut terhitung al-hajju l-ashghar (haji kecil), menurut bhs artinya “berkunjung”, dan menurut istilah syar’i ialah “berkunjung ke Baitullah, untuk melakukan thawaf, sa’i, dan bercukur (tahallul) demi mengharap ridho Allah”.

Semua tata cara yang dikerjakan dalam ibadah umroh telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam dan kami tidak boleh mengubah atau memodifikasi cocok permintaan kita.

Keutamaan Ibadah Umroh

Setelah kami tahu pengertian umroh, mari kami bahas keutamaannya, terkandung beberapa hadits sahih yang menyatakan keutamaan dan pahala umrah, yang membawa dampak banyak orang yang dapat mengusahakan menyegerakan untuk menunaikannya.

Bahkan bagi kalangan biasa-biasa saja yang sering kadang kekayaan dan pendapatannya tidak amat mungkin untuk pergi menunaikan ibadah umroh, terhitung mengusahakan sekuat tenaga berikhtiar dan berdoa demi beroleh keutamaan pahala ibadah umroh, yaitu berupa:
1. Pengampunan Dosa. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadist dibawah ini:
عن أبى هريرة رضى الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : “العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة” – رواه البخاري و مسلم
Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Ibadah umrah sampai umrah seterusnya sebagai kafarat untuk dosa di pada keduanya dan haji yang mabrur tidak tersedia balasannya kecuali surga”. (HR Bukhari dan Muslim)

2. Dalam hadist yang lain disebutkan bahwa jamaah haji dan umroh merupakan delegasi/tamu Allah yang tiap tiap doanya dapat dikabulkan.
عن أبى هريرة رضى الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : “الحجاج والعمار وفد الله إن دعوه أجابهم وإن استغفروه غفر لهم” – رواه النسائى و ابن ماجه
Dari Abu Hurairah RA berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Para jamaah haji dan umrah merupakan delegasi Allah. Jika mereka berdo’a kepada-Nya, Allah dapat mengabulkannya. Dan kecuali mereka meminta ampun, maka Allah dapat mengampuni-nya”. (HR An-Nasaiy dan Ibnu Majah)

3. Bagi para jamaah perempuan terhitung beroleh keutamaan pahala tak hanya pengampunan dosa, dikabulkannya doa-doa, bahkan berumroh dan berhaji bagi perempuan bagaikan menunaikan tugas jihad sebagaimana kaum laki-laki yang berjihad di medan perang.
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : “ جهاد الكبير والصغير والضعيف والمرأة الحج والعمرة” – رواه النسائي
Rasulullah SAW bersabda: “Jihadnya orang yang telah tua, anak-anak, orang yang lemah dan wanita, adalah haji dan umrah“. (HR An-Nasaiy).

Selain beberapa keutamaan di atas, tersedia banyak keutamaan lainnya sebagaimana yang diulas dalam artikel mendatang: Keutamaan Ibadah Umroh.