Sering kaget sebab ongkos Renovasi Rumah kok nyaris mirip bersama bangun rumah baru? Harusnya perihal itu gak dapat terjadi kecuali anda udah persiapkan daftar anggaran.

Nyatanya, ekspektasi gak tetap cocok bersama realita. Malah lumayan banyak dana siluman yang menyambangi perencanaan. Kalau udah begitu, jangan hanya salahkan tukang. Yuk, mari instrospeksi diri dulu.

Kamu sanggup terhindar dari ongkos renovasi rumah yang buat ngos-ngosan kok. Coba deh arahan hemat selanjutnya biar rumah semakin kinclong tapi gak buat kantong bolong.

1. Beli bahan material bekas

Daripada membeli yang baru, anda sanggup membeli bahan bekas aja. Harga tentu lebih murah. Tapi meski bekas, bukan bermakna gak memiliki kualitas ya.

Bahan material bekas terbagi jadi dua kategori, yaitu material reuse dan recycle.

Material reuse adalah material yang emang sanggup dipakai lagi. Contohnya, kusen pintu, kaca, jendela, genteng bongkaran, dan juga kayu buat atap. Material recycle adalah material bekas yang lantas didaur ulang. Contoh, batu bata dan keramik.

Kamu sanggup cari product bekas ini di toko-toko bahan bangunan di lebih kurang area tinggal. Ada pula beberapa toko online yang spesifik jual bahan bangunan bekas. Cara lain, sanggup tanya kenalan yang tetap simpan material gak terpakai.

2. Berburu diskon bahan bangunan

Siapa bilang diskon hanya tersedia di supermarket kebutuhan sehari-hari aja? Bahan bangunan termasuk sering kali didiskon, lho.

Biasanya diskon selanjutnya gak tersedia di toko bangunan konvensional. Coba deh ke supermarket spesifik bahan bangunan atau membuka website toko bangunan tertentu.

3. Beli bahan material sendiri

Beli sendiri bahan-bahan material yang diperlukan dapat menghemat bujet. Alasan pertama, anda mengerti berapa harga sebenarnya. Kedua, ini meminimalisir tukang bakal mark-up harga sebenarnya.

Kamu sanggup sambangin beberapa toko bangunan terdekat dari rumah. Supermarket bahan bangunan termasuk jadi opsi terbaik.

4. Jangan membuang perkakas atau anggota rumah yang tetap sanggup dipakai

Kamu lagi renovasi, bukan sedang bangun ulang, bukan? Jadi, gak semua perkakas atau anggota rumah pada mulanya kudu disingkirkan. Jika tetap tersedia yang cocok digunakan, ya, manfaatkan aja.

Beberapa anggota rumah yang gak kudu anda buang, antara lain kaca jendela, kusen pintu, genteng bongkaran, dan besi bongkaran susunan bangunan.

5. Renovasi satu per satu, jangan sekaligus

Dana yang terbatas gak kudu jadi penghalang buat renovasi rumah. Kamu akali bersama renovasi satu per satu anggota rumah, bukan sekaligus.

Dengan begitu, dana gak dapat terkuras sekaligus, tapi anda termasuk gak kuatir dana terpakai buat hal-hal lain. Sedikit demi sedikit, desain rumah impian anda terwujudkan!

Misalnya aja, anda sanggup menjadi dari renovasi ruang tamu di bulan ini. Tiga bulan lagi, anda renovasi anggota dapur. Lalu, enam bulan lagi anda renovasi kamar tidur. Begitu seterusnya.

6. Konsep renovasi minimalis yang minim detail

Semakin cermat rancangan rumah yang diinginkan, tentu buat ongkos renovasi rumah semakin tinggi. Jadi, coba buat pilih rancangan minimalis kalau dana terbatas.

Bukan hanya sebab dana terbatas sih, rancangan minimalis pun kini lebih tren. Konsep minimalis termasuk dapat meringankan pekerjaan beres-beres tiap tiap harinya.

Contoh, daripada punya banyak sekat di dalam rumah, lebih baik pilih ruangan plong yang lebih mudah buat diatur.

7. Kreatif buat hiasi rumah bersama barang murah

Mau buat suasana baru gak kudu bersama barang-barang mahal, kan? Sewaktu merenovasi rumah, anda pun sanggup manfaatkan beberapa barang bersama harga terjangkau.

Contoh, anda sanggup pilih wallpaper dinding daripada cat. Selain lebih murah, wallpaper dinding sanggup anda ganti-ganti di lantas hari kalau udah bosan.

Kamu sanggup beli wallpaper murah yang dibanderol menjadi dari Rp 100 ribu aja di situs marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee.

8. Jangan renovasi rumah kala musim hujan

Nah, ini paling penting kudu anda ingat. Musim hujan dapat buat pekerjaan tertunda sebab tukang kudu berhenti bekerja. Sementara itu, anda tetap kudu bayar mereka.

Usahakan buat pilih kala cerah. Buat cek musim hujan di Indonesia, anda sanggup membuka situs BMKG buat prakiraan cuaca tahunan, bulanan, atau harian.

Dana tetap terlalu terbatas buat menutupi ongkos renovasi rumah? Selain cara-cara di atas, anda sanggup termasuk ajukan pinjaman kredit tanpa agunan (KTA) melalui DuitPintar. Kami dapat bantu pengajuan anda ke bank tanpa anda kudu ke nampak rumah. Mudah dan murah!