Distributor Beras – Aksi pedagang beras yang curang memang mulai meresahkan konsumen akhir-akhir ini. Salah satu cara untuk mencegah dan menghentikan berlangsungnya praktek curang tersebut adalah dengan menjadi konsumen cerdas.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam memilih beras yang baik supaya terhindar dari beras campuran.

Tampilan Beras

Pilih beras dengan warna bening sedikit kekuningan dan bebas dari kutu dan kerikil-kerikil kecil. Beras yang terlalu putih biasanya sudah dicuci dengan bahan pemutih seperti klorin, tawas, bahkan pemutih pakaian dan rasanya agak pahit.

Aroma Beras

Beras yang sehat tidak mempunyai aroma yang apek. Aroma pandan yang menyengat merupakan tanda bahwa beras diberi zat pewangi kimia.

Tekstur Beras

Beras yang sehat memiliki tekstur tidak mudah patah. Gigit beras tersebut, bila beras mudah hancur, maka hal ini tanda bahwa beras sudah tidak baik kondisinya.

Bahan Pelicin

Remas beras dengan tangan yang kering atau tidak berkeringat untuk mengetahui beras mengandung bahan pelicin atau tidak. Biasanya beras akan banyak menempel pada tangan bila mengandung pelicin bila beras mengandung pelicin.

Beras Berlabel

Beras berlabel sudah terjamin kuaitasnya. Jangan tergiur oleh harg yang murah, namun kesehatan kurang diperhatikan. Kemasan eras berlabel ini beredar di pasaran dengan beragam merek. Cari merek yang telag mendapat sertifkasi dari instansi terkait.

Toko Langganan

Bila Anda sudah mengetahui keaslian beras, tetapkan satu toko sebagai tempat langganan Anda dalam membeli beras. Upayakan untuk tidak berpindah-pindah toko untuk mengurangi risiko manipulasi.

Harga Beras

Sebaiknya Anda mengetahui variasi beras yang akan dibeli sebagai pedoman untuk menilai apakah varietas beras tersebut masih asli atau tidak. Bila Anda menjumpai harga beras tersebut berbeda dengan harga yang biasa dibeli, maka Anda layak curiga.