Florist Jakarta – Secara umum, dari tiap-tiap spesies bunga mawar yang ada di semua dunia punya bagian-bagian tumbugan yang sama. Diantaranya: Akar, Daun, Duri, Batang, kelopak dan Mahkota Bunga. Fungsinya pun relatif sama. Adapaun sebagian kegunaan dari bagian-bagian bunga mawar dapat dibahas di sebagian paragraf di bawah.

Mahkota Mawar
Daum mahkota bunga atau biasa disebut corolla pada biasanya punya tekstur warna yang cerah. Fungsi dari mahkota bunga ini adalah sebagai pemikat bagi hewan-hewan yang ada disekitar bunga. Hal ini bertujuan supaya serangga atau hewan selanjutnya bisa menunjang jalannya proses penyerbukan.

Mungkin kegunaan ini terlalu berlaku untuk bunga mawar liar. Akan tapi kegunaan ini tidak berlaku untuk jenis bunga mawar hibrida. Mawar hibrida adalah jenis bunga mawar yang proses penyerbukannya dibantu oleh tangan-tangan manusia.

Jenis perkawinannya pun kawin silang. Mawar hibrida inilah yang disebut-sebut sebagai mawar modern. Pada mawar jenis ini, kegunaan mahkota adalah sebagai anggota yang paling indah dipandang dan bisa dinikmati.

Kelopak Bunga
Bagian kelopak bunga mawar (calyx) merupakan hasil modifikasi dari daun yang terdapat pada anggota lingkaran bunga luar. Bagian ini biasa disebut sebagai perhiasan bunga. Lembaran yang ada pada anggota ini disebut sepal.

Fungsi dari kelopak bunga sendiri adalah sebagai pelindung dari mahkota bunga. Dimana pada prakteknya mereka menutupi anggota bunga mawar kala tetap berwujud bunga kuncup. Namun sejalan berjalannya waktu, kelopak dapat jadi terbuka

Batang atau Tangkai Bunga
Fungsi batang atau tangkai pada bunga mawar adalah sebagai anggota pendukung dari tanaman bunga mawar itu sendiri. Dengan kata lain, batang punya kegunaan sebagai penopang kehidupan tanaman ini.

Selain itu, batang juga punya kegunaan sebagai pengangkut mineral, air dan beraneka macam zat makanan yang dapat dicerna oleh daun. Batang juga bisa bermanfaat sebagai alat perkembang biakan lewat proses stek pada mawar liar atau okulasi pada mawar modern.

Duri Bunga Mawar
Duri yang ada pada bunga mawar pada hakikatnya punya kegunaan yang berbeda-beda. Pada tanaman bunga mawar yang merambat, duri ini bermanfaat sebagai pengait sewaktu-waktu bunga ini memanjat tumbuhan yang ada disekitarnya.

Duri pada batang bunga mawar juga punya kegunaan sebagai bentuk pertahanan bunga dari segala jenis hewan pemakan bunga. Sedangkan kegunaan duri pada bunga mawar moderen adalah sebagai accessories tumbuhan yang dapat indah kalau dipandang.

Daun pada Bunga
Daun sendiri punya kegunaan sebagai tempat dilaksanakannya proses fotosintetis. Fotosintesis adalah proses pengolahan sari-sari zat makanan yang diambil dari tanah lewat akar dan batang sampai sampai ke daun. Proses ini juga perlu pemberian cahaya matahari.

Oleh karenanya, tanaman bunga mawar perlu diletakkan pada tempat yang terjangkau oleh teriknya cahaya matahari. Hal ini bertujuan supaya sang bunga bisa tumbuh dengan baik.