Siaran Langsung BolaKejuaraan sepak bola internasional terbesar ialah Piala Dunia yang diadakan oleh Fédération Internationale de Football Association (FIFA). Piala Dunia diadakan tiap-tiap empat th. sekali dan dimulai di Uruguay pada th. 1930. Pencetus gagasan berikut adalah Jules Rimet, seorang pengacara dan pengusaha Perancis yang terinspirasi setelah melihat Olimpiade Paris th. 1924.

Kompetisi global tertua di dunia adalah Copa America yang mempertandingkan tim-tim dalam wilayah Amerika Selatan tiap-tiap dua th. sekali. Copa America pertama kali diadakan th. 1916 dan diikuti oleh 10 negara yang akhirnya membentuk The South American Football Confederation (Conmebol). Untuk wilayah Amerika Utara, The Confederation of North, Central American plus Caribbean Association Football (CONCACAF) menyelenggarakan kompetisi internasional tiap-tiap empat th. sekali yang disebut Piala Emas CONCACAF. Di kawasan Asia, terhitung Australia dan Timor Leste negara-negara yang tergabung dalam Asian Football Confederation (AFC), mengadakan kompetisi internasional pertama tingkat Asia pada th. 1956 di Hongkong yang disebut Piala Asia. Pada th. 1960, kompetisi tingkat regional Eropa diadakan untuk pertama kalinya bersama nama European Nations’ Cup yang sesudah itu disebut sebagai UEFA European Championship (Piala Eropa atau EURO). Di wilayah Oseania (meliputi Selandia Baru, dan beraneka Kepulauan Pasifik), kompetisi global tiap-tiap dua th. dimulai sejak th. 1996 disebut Piala Oseania. Untuk wilayah Afrika, kompetisi Piala Afrika terasa diadakan sejak 1957 di Khartoum.

Sepak bola di Indonesia

Sejarah sepak bola di Indonesia dimulai bersama berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta pada 19 April 1930 bersama pimpinan Soeratin Sosrosoegondo. Dalam kongres PSSI di Solo, organisasi berikut mengalami pergantian nama menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Sejak saat itu, kegiatan sepak bola jadi sering digerakkan oleh PSSI dan jadi banyak rakyat bermain di jalur ataualun-alun tempat Kompetisi I Perserikatan diadakan. Sebagai bentuk pemberian pada kebangkitan “Sepak Bola Kebangsaan”, Paku Buwono X mendirikan stadion Sriwedari yang memicu persepak bolaan Indonesia jadi gencar.

Sepeninggalan Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim nasional sepak bola Indonesia tidak terlalu memuaskan gara-gara pembinaan tim nasional tidak diimbangi bersama pengembangan organisasi dan kompetisi.Pada era sebelum akan th. 1970-an, sebagian pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional, di antaranya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw. Dalam perkembangannya, PSSI udah memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri, di antaranya bersama penyelenggaraan Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain amatir. Selain itu, PSSI terhitung aktif mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur spesifik (U-15, U-17, U-19,U21, dan U-23).