1. Unggah data video ke peranti lunak untuk menyunting film seperti Avid, Final Cut Pro, atau Windows Movie Maker. Atur seluruh data video dalam folder-folder yang rapi agar dapat diakses dengan lebih mudah dan cepat; langkah ini perlu dilakukan agar pekerjaan Anda lebih rapi dan efisien. Setelah seluruh data video dipindahkan dan dirapikan, Anda bisa mulai melakukan proses penyuntingan.

2. Buat suntingan kasar. Mulailah dengan menyusun rekaman adegan dalam urutan yang benar; sembari melakukannya, cobalah mengevaluasi alur dan koherensi adegan. Saat membuat suntingan kasar, pastikan alur adegan dalam cerita Anda masuk akal dan berkesinambungan.

3. Tambahkan audio. Masukkan berkas audio berisi dialog aktor dan sesuaikan dengan adegannya. Anda juga bisa menambahkan latar audio berupa musik atau efek suara yang terasa cocok.

4. Padatkan adegan. Setelah membuat suntingan kasar, evaluasi kembali film Anda bersama produser dan penyunting lainnya. Terimalah kritik dan saran yang mereka berikan dan lakukan proses penyuntingan kedua.
o Tambahkan efek-efek tertentu untuk memperhalus proses transisi setiap adegan.
o Jika ada adegan yang terkesan kaku atau canggung, cobalah menyunting dialog-dialog di dalamnya agar terasa lebih padat.

Lihat Juga : Nonton Movie 21 Subtitle Indonesia

5. Evaluasi kembali hasil suntingan kedua dan lakukan proses penyuntingan terakhir. Setelah memadatkan adegan, evaluasi kembali film Anda bersama produser, sutradara, dan penyunting lainnya. Mintalah mereka memberikan kritik dan saran secara mendetail; sampaikan pula masalah-masalah yang Anda hadapi selama proses penyuntingan berlangsung. Setelah seluruh pihak produksi menganggap film Anda layak dikonsumsi publik, Anda bisa mulai memublikasikannya kepada khalayak umum.

Hal yang Anda Butuhkan
• Kamera
• Mikrofon
• Lampu sorot
• Aktor
• Peranti lunak untuk menyunting video