SEO itu mahluk apaan sih?

Apa Itu SEO? Sebagian besar blogger dan internet marketer pasti telah jelas apa itu SEO (Search Engine Optimization). Pengertian SEO adalah serangkaian upaya yang dikerjakan oleh seorang webmaster pada sebuah web yang mempunyai tujuan untuk menambah visibilitas sebuah halaman web jadi lebih baik di mesin pencari, khususnya Google.

Halaman web yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google pastinya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial konsisten menerus secara gratis.

Bila kami mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, kami akan lihat list web yang terjalin dengan kata kunci tersebut. Halaman website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan web yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian.

Perlu kami perhatikan, yang aku maksud dengan website/ blog yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah web yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search). Bukan web yang memasang iklan di Google (Google Ads).

Apa faedah dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah Bisnis?
Semua usaha pasti perlu memiliki profit, right? Berbagai langkah dikerjakan pebisnis untuk menambah keuntungan perusahaan mereka, baik dengan jalankan pemasaran offline maupun lewat internet marketing.

Lihat Juga : Tempat Belajar SEO Pemula 

Berikut ini adalah lebih dari satu fungsi SEO didalam pemasaran online sebuah bisnis:

1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman web yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik termasuk di mesin pencari, misalnya #Google. Semakin baik posisi halaman web Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan tambah besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan jadi calon pembeli usaha Anda.

Mengapa aku menyatakan trafik dari Google adalah trafik potensial? Tidak semua sumber trafik beri tambahan benefit bagi usaha Anda, lebih-lebih seumpama trafik berikut berasal dari website-website auto surf yang beri tambahan visitor bot ke web Anda. Trafik seperti ini sama sekali tidak ada gunanya bagi pertumbuhan usaha Anda, trust me!

Para pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika mereka mencari produk yang mereka butuhkan, atau mencari Info berfaedah untuk beri tambahan solusi pada masalah mereka. Nah dikala mereka mendapatkan web usaha Anda melalui Google yang notabene selamanya menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, maka bisa saja besar mereka akan jadi pembeli dikarenakan mereka memakai kata kunci yang relevan dengan usaha Anda.

Trafik potensial ini akan berkunjung konsisten menerus ke web Anda secara gratis dan akan membantu menambah jumlah pembeli dan penjualan usaha Anda.

2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau pembeli untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin populer sebuah brand pada niche khusus maka bisa saja intensitas penjualan termasuk akan tambah besar. Sebenarnya ada banyak langkah untuk menambah Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan optimasi web di mesin pencari (SEO).

Ketika pengguna internet mencari Info yang terjalin niche Anda lewat Google dan menemukan informasi bermanfaat di web Anda maka bisa saja besar mereka akan mengingat halaman web yang beri tambahan Info bernilai tersebut, yaitu web Anda. Semakin banyak orang yang membuka web Anda dari mesin pencari maka brand usaha Anda termasuk secara otomatis akan tambah terkenal, setidaknya dikalangan para pengguna internet.

3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pebisnis online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di bermacam fasilitas periklanan dengan obyek untuk mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon pembeli ataupun pelanggan setia usaha mereka.

Apa fungsi data kontak ini?

Dengan jelas data calon customer maka akan lebih ringan untuk menghubungi mereka dikala kami mengeluarkan produk baru atau ingin beri tambahan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. Intinya, kami selamanya mampu membuka dengan pembeli tiap-tiap saat.

Bila web Anda berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan lebih ringan untuk mendapatkan data pembeli tersebut, dan pasti saja gratis. Tentunya kami membutuhkan fasilitas lain untuk menyimpan data base pembeli tersebut, seumpama fasilitas autoresponder untuk membangun e-mail list pembeli kita.

Sebenarnya tetap ada banyak lagi fungsi SEO bagi usaha Anda, dan menurut aku 3 poin di atas adalah yang paling penting. Masing-masing orang akan merasakan fungsi SEO bagi usaha mereka dikala telah mengalaminya sendiri, yang pasti usaha Anda akan lebih stabil jikalau web Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari.